Wikileaks Sebut China Siap Tinggalkan Korea Utara

Dokumen yang membocorkan kawat-kawat diplomasi yang diterbitkan situs Wikileaks benar-benar membuat dunia panik. Tak cuma membuat Amerika Serikat Gerah atas bocornya diplomasi negara Adi Kuasa itu, Wikileaks juga menyebut China, yang selama ini bersekutu dengan Korea Utara siap meninggalkan negara Kim Jong-il tersebut.

Dalam situs Wikileaks seperti yang dilansir AFP, Selasa (30/11/2010), Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Chun Yung-woo, mengatakan kepada Duta Besar AS untuk Korsel, Korea Utara tidak lagi dianggap sebagai sekutu yang berguna atau dapat diandalkan.

Para pejabat Korea Selatan juga mengatakan bahwa China tidak akan mampu menghentikan keruntuhan Korea Utara.

"China siap meninggalkan Korea Utara dan akan menerima penyatuan Semenanjung Korea," demikian isi bocoran seperti yang tertera dalam situs Wikileaks sebagaimana dilansir Guardian, Senin (29/11/2010).

Selama ini, China memang sekutu terdekat Korut. Selain memiliki kesamaan ideologi yakni komunis, baik China ataupun Korut masuk dalam keanggotaan Six Party Talks.

Six Party Talks merupakan dialog denuklurisasi di Semenajung Korea. Six Party Talks terdiri antara lain Rusia, Cina, Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Untuk Kalahkan Hamas, Israel Konsultasi ke Fatah dan Mesir